Terapi SEFT

Posted On: Wednesday, March 31st, 2010 at 7:23 pm

seftSEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) merupakan teknik terapi yang menggabungkan antara energy psychology dengan spiritual power. Terbukti dengan menambahkan unsur spiritual di EFT (versi asli dari SEFT yang dikembangkan gary craig), SEFT lebih power full, jauh lebih cepat dalam penyembuhan dibandingkan versi aslinya EFT.

Mengapa perlu ditambahkan unsur Spiritual dalam SEFT ?

Lester Levenson adalah seorang wirausahawan sukses dan pakar fisika.Pada tahun 1952, di usianya yang ke-42, ia menderita berbagai macampenyakit fisik dan psikologis. Kesuksesan karir dan finansial tidakmembuatnya bahagia. Ia menderita depresi berat, sakit ginjal, levermembengkak, hyperacidity, dan beberapa komplikasi parah lainnya.

Satu hari, dokter yang menanganinya menyerah dan mempersilakandia pulang untuk menjemput kematian dengan damai di apartementnya di Central South Park, New York.Lester Levenson adalah pria yang suka tantangan, alih-alih menyerah, dia malah memutuskan untuk kembali ke laboraturium dan mencari jalan keluar atas masalahnya.

Hingga pada suatu saat, penyakitnya semakin parah dia sudah tidak bisa bangun dari tempat tidurnya dan dia cuma bisa berdoa pasrah “ya tuhan jika aku harus menghadapmu sekarang aku siap namun jika aku engkau beri kesembuhan aku juga siap, aku pasrahkan segalanya kepadamu”.Dia melakukan refleksi dan akhirnya menemukan cara untuk “pasrah” melampaui segala keterbatasan diri, “to letting go of all any inner limitation”, begitu dia menyebutnya.

Selama 3 bulan dia mempraktikkan metode “pasrah” ini. Dan secara ajaib semua penyakitnya sembuh, bahkan memasuki kondisi kedamaian hati dan kebahagiaan yang terus ia rasakan hingga hari kematiannya, 18 January 1994, 40 tahun setelah vonis dokter.

Metode “pasrah” ala Lester levenson ini sekarang diajarkan olehmurid setianya, Hale Dwoskin dan dinamai “The Sedona Method ” (Sedona adalah nama kota kecil di Amerika, tempat Lester Levinson dan Hale Dwoskin mengajarkan teknik ini). Sampai saat ini ratusan ribu orang telah memetik manfaat dari Sedona method, dan efektifitasnya telah diakui para ahli dan dibuktikan oleh beberapa penelitian, salah satunya dilakukan oleh lembaga penelitian terkemuka, Harvard Medical School.

Mengapa dengan Do’a dan spiritualitas bisa membantu penyembuhan ?

Seorang psikolog pernah menanyakan mengapa do’a dimasukkan dalam proses terapi, bagaimana pandangan pasiennya jika saat dirinya menerapi pasien diminta berdoa lebih dahulu. Dia tidak bisa menerima jika do’a yang dianggapnya kurang ilmiah dimasukkan ke prosedur proses terapi.

Pandangan psikolog ini tentunya harus diluruskan, karena pada jurnal dan penelitian-penelitian terbaru banyak membahas tentang sisi ilmiah dari do’a dan spiritualitas pada proses penyembuhan.

Adalah Larry Dossey MD, seorang ahli penyakit dalam yang melakukan penelitian ekstensif tentang efek do’a terhadap kesembuhan pasien. Penelitian yang sempat mengguncang dunia kedokteran barat ini dijelaskan secara rinci dan meyakinkan dalam bukunya The Healing Words: The Power of Prayer and The Practice of Medicine.

Categories: Kuliah Umum

2 Responses to “Terapi SEFT”

  1. SEFT says:

    sudah punya bukunya belum Maz Zainul, salam kenal dari LOGOS institute

  2. Zainul Anwar says:

    alhamdulilah sudah…….oya kalo bk yg bahas tentang titik-titik meridian ada ga ya…spt kalo kita tapping di kepala kasiatnya apa, tapping di bawah mata kasiatnya apa, dst ?

Leave a Reply

Captcha Garb (1.5)